Kepariwisataan Nusa Tenggara Barat tentunya akan semakin dikenal dunia terlebih lagi pada tahun 2021 mendatang Circuit MotoGP Mandalika Lombok akan dipenuhi pembalap-pembalap berkelas dunia.

Motogp merupakan agenda motor balap teratas di DUNIA moto3,Moto 2 dan moto GP. Dibawah Federal International de Motocyclisme (FIM) dan dibawah promotor Dorna sport.

Hal ini tentunya merupakan peluang emas bagi Nusa Tenggara Barat untuk mempromosikan seluruh destinasi wisata yang ada secara GRATIS, pasalnya seluruh media di dunia akan meliput Event berkelas dunia tersebut.

Siaran MotoGP diterima di 207 negara, dengan jumlah audiens mencapai 291 juta (hanya yang menonton di rumah). Profil audiens siaran MotoGP adalah 70% berusia di bawah 35 tahun, dan rata-rata mereka sudah mengikuti MotoGP selama 11 tahun.

Situs motogp.com di musim 2014 dikunjungi lebih dari 92 juta visitor,meraih 10 juta unique visitor, tersaji dalam 7 bahasa, memiliki lebih dari satu juta pengguna yang teregistrasi, dan 152 juta pageview. Sedangkan dari akun Youtube mereka, total video views yang diraih adalah lebih dari 310 juta.

Di musim 2015, program internasional MotoGP didistribusikan ke 65 stasiun televisi di seluruh dunia – Trans 7 adalah satu-satunya dari Indonesia. Penayangan program-program itu berdurasi total 17.123 jam, dan 59% di antaranya bersifat siaran langsung (live).

Dengan adanya sport event berkelas internasional ini diharapkan kepada media di Indonesia khususnya di Nusa Tenggara Barat harus benar-benar aktif dalam memberikan informasi terkait.

Berkaitan dengan hal tersebut Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus melakukan pembenahan pada 3 aspek utama yaitu Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas, serta terus mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang siap untuk menjadi tuan rumah yang baik. Disamping itu pemprov ntb juga terus mendorong para pelaku usaha pariwisata yang ada untuk membuat paket wisata yang menarik dan tentunya memudahkan aktivitas wisatawan yang datang agar tidak hanya datang untuk menonton Motogp tetapi juga berlibur menikmati destinasi wisata yang ada ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata di Pasar Eropa, kamis 26 September 2019 di Aruna Senggigi Hotel.

Ia juga menjelaskan bahwa KEK Mandalika adalah salah satu diantara 10 Destinasi Wisata Proritas Nasional. Lokasinya sangat strategis hanya 30 Menit dari Bali dengan luas Lahan KEK Mandalika seluas 1,250 ha, meliputi : Pantai berpasir putih sepanjang 7.5 km menghadap ke Samudera Hindia, Total investasi yang masuk sebesar US$ 3.35 miliar dan telah di ground breaking oleh Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 20 Oktober 2017, destinasi ini juga memperkuat branding NTB sebagai Destinasi Wisata Halal Dunia.

Untuk mendukung kelancaran seluruh kegiatan kepariwisataan yang ada Pemprov juga terus menambah koneksi penerbangan internasional dan domestik seperti


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).