Panduan TMD-Final_1Event Tambora Menyapa Dunia 2015 sejak di canangkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat tanggal 16 Juni 2013 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari persiapan sarana prasarana sampai mobilisasi event-event yang akan digelar menyambut 200 tahun meletusnya Gunung Tambora (1815-2015). Event-event yang akan digelarpun berangkai mulai Januari sampai Desember 2015 yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Event-event yang akan digelar mengenang dua abad meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu Nusa tenggara Barat di kemas dalam empat kelompok event :

BAKTI SOSIAL DAN EKONOMI KREATIF, meliputi:
Pengobatan Masal, Operasi Katarak dan Bibir Sumbing, Penghijauan, Gladi Mitigasi Bencana, Apel Siaga Bencana, Pameran Produk Unggulan Daerah, Pesta Kuliner Lokal, Bazar Kopi Tambora.

SENI BUDAYA, meliputi:
Pawai Budaya, Pekan Budaya, Pentas Seni, Jambore Seni Budaya, tarian Kolosal Tambora Menyapa Dunia, Tambora Country Music, Upacara Adat Selamatan Laut.

SEMINAR DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN, meliputi:
Seminar Pariwisata, Seminar Arkeologi, Seminar Arsitektur Landscape tentang Vulkanologi, Pameran Arkeologi dan Museum, Peluncuran Buku La Hami, Pameran Foto Tambora.

SPORT DAN ADVENTURE, meliputi:
Tambora Bike, Mount Tambora Ultra, Trans Sumbawa Run, Lari 10K, Sepeda Gunung Nusantara, Pacuan Kuda, Menangkap Sapi dengan Laso, Trabas Tambora, Ekspedisi Selebriti Mendaki Tambora, Tambora Savana Run, Lakey Kite Surf Exhebition Camp, Festival Layang-Layang.

Itulah empat kelompok event yang akan menyemarakkan perhelatan dua ratus tahun meletusnya Gunung Tambora di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :