tambora-menyapa-dunia-digelar-peringati-200-tahun-letusan-JRg2JQJety PADA 5 April nanti bertepatan dengan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk selalu mawas diri dan mengenangnya, event “Tambora Menyapa Dunia” siap digelar.

Acara “Tambora Menyapa Dunia” ini baru pertama kali akan diselenggarakan di Gunung Tambora, Kabupaten Dompu yang puncaknya pada 11 April mendatang. Menurut Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, sejumlah acara akan turut memeriahkan “Tambora Menyapa Dunia”.

“Event ini akan dimeriahkan dengan acara gelar seni budaya, wisata minat khusus dan sport adventure, seminar, serta bakti sosial,” ujarnya pada Press Conference Tambora Menyapa Dunia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015).

Lebih lanjut, Tambora Menyapa Dunia tidak hanya berfokus di Dompu, tetapi menyebar di beberapa kabupaten di NTB yang terbagi dalam sejumlah kegiatan. Kelompok seni budaya antara lain akan menyajikan musik country konvensional dan modern yang melibatkan semua sanggar di Tambora.

Kemudian, ada upacara selamatan laut di kasawan Samota yang akan diresmikan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Selain itu, akan diselenggarakan pula pawai budaya pada 1 April dan jambore seni budaya di Dusun Pancasila yang menjadi lokasi terdekat menuju pendakian Tambora.

Tidak hanya dari kelompok seni dan budaya, terdapat juga kegiatan sport adventure. Pertama, perjalanan sepeda atau Tambora Bike sejauh 408 kilometer dari Kota Mataram menuju Doro Ncanga yang terletak di kaki Gunung Tambora pada 9 sampai 11 April. Dalam Tambora Bike, konsep peserta harus berpetualang, sehingga hanya menginap semalam di hotel. Lalu, tiga malam berikutnya peserta harus menginap di tenda.

Kemudian, terdapat juga event lomba lari sejauh 320 kilometer, mulai dari Pototano yang berletak di ujung barat Pulau Sumbawa hingga Doro Ncanga. Lari Trans-Sumbawa ini dimulai pada 8 April 2015 dan peserta hanya diberi waktu 64 jam. Selanjutnya, pada 11 April 2015 di pagi harinya akan digelar lomba lari marathon sejauh 46 kilometer, dan 22 kilometer yang dimulai dari Dorocanga menuju puncak Gunung Tambora pergi-pulang. Selain itu, akan ada pacuan kuda dengan joki cilik di Bima dan Dompu serta atraksi menangkap sapi menggunakan laso. Kegiatan lain yang menarik adalah Trabas Tambora oleh Ikatan Motor Indonesia pada 4 sampai 5 April. (Okezone.com, 11 Maret 2015).

Panduan lengkap pelaksanaan event Tambora Menyapa Dunia 2015, dapat di download DISINI

BACA JUGA :