buku panduan Tambora 3_1Gunung Tambora sebagai icon Pulau Sumbawa yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), kini akan meperingati dua abad letusannya yang puncaknya nanti pada 11 April 2015. Tema besar yang akan diangkat adalah Tambora Menyapa Dunia 2015.

Letusan Gunung Tambora tahun 1815 yang lalu sanggup menggemparkan dunia, dengan perubahan iklim sampai benua Eropa. Sekarang Tambora sedang berbenah menuju Geopark Nasional, yang diawali dengan perubahan status dari Kawasan Konservasi menjadi Kawasan Taman Nasional Gunung Tambora. Insya Allah kalau tidak ada haral melintang status itu akan didapat bersamaan dengan puncak acara Tambora Menyapa Dunia 2015 tanggal 11 April 2015, …………SEMOGA.

Kini aksipun telah dimuali, tahun 2014 ini akan dilakukan kajian untuk menetapkan kelayakan menjadi Taman Nasional oleh Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, tentunya dengan rekomendasi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Barat.

Nanti setelah ditetapkan  menjadi Taman Nasional Gunung Tambora, maka Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan segera menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti Dosier dan dokumen lainnya untuk menuju Geopark Nasional. KITA TUNGGU……..(Adm).

BACA JUGA :