Berbagai strategi dilakukan demi menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat. Beda daerah beda pula strategi yang diterapkan. Diantaranya promosi melalui event seperti MICE, Festival Seni Budaya dan Olahraga. Tentunya masing-masing kegiatan memiliki strategi tersendiri dalam menarik minat wisatawan. Misalnya event atau perlombaan sepeda yang diselenggarakan akhir-akhir ini, terutama acara fun bike yang mulai sering diselenggarakan atau bahkan menjamur dikalangan masyarakat Indonesia.Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2017 mencoba menginisiasi event bersepeda berskala Internasional yaitu Tour De Lombok Mandalika. Hajatan tersebut akan dilaksanakan pada awal tahun 2017 tepatnya pada tanggal 13 April sampai dengan 16 April 2017. Event ini diharapkan dapat mendongkrak angka kunjungan wisatawan  yang akan berkunjung ke Lombok dan Sumbawa.
Tour De Lombok adalah Perlombaan Sepeda Jalan Raya (Road Race) berkategori UCI 2.2 yang di gagas untuk memberikan nilai kompetisi lebih banyak ajang seiring dengan meningkatnya antusiasme dunia terhadap Olahraga Sepeda di Indonesia dan Dunia. Selain itu perhelatan ini dapat dijadikan salah satu wadah baru untuk menemukan bakat bakat baru yang dimiliki Indonesia dalam Olahraga Sepeda. Dari sisi selain olahraga, ajang Tour De Lombok ini ingin memperkenalkan salah satu potensi wisata terbesar yang dimiliki oleh Indonesia.

Tour De Lombok diajang pertamanya ini akan dibuat sedemikian apik dengan melibatkan tenaga profesional dan berpengalaman dibidangnya. Tim-tim yang akan diundang berasal dari dalam negeri dan luar negeri diantaranya : 7eleven-Philipines, Action Cycling Team-Taipe, Aisan Racing Team-Jepang, Tabritz Petrochem-Iran, Guemsam Imsam Cello-Korea, Hainan Jillung-China, HKSI Procycling Team-Hingkong, Kinan Cycling Team-Jepang, Black Ink-Laos, Sky Dive Dubai Cycling –UEA, Singha Infinite Cycling Team-Singapore, Trengganu Cycling Team-Malaysia, Eddy Holland-Australia.

Berikut Etape yang akan dilalui oleh para peserta Tour De Lombok

BACA JUGA :