Sampah menjadi salah satu perhatian dari Pemprov NTB. Karena itu Pemprov NTB melalui Dinas LHK menyelenggarakan webinar Series Jilid III dengan tema Desa Merdeka Sampah untuk NTB Bersih. Hal ini dilakukan demi mendukung percepatan pencapaian Program Unggulan “NTB Zero Waste 2023” serta sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Membuka acara, Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi memaparkan materi dengan judul serupa tema. Dimana beliau membahas NTB Asri dan Lestari yang merupakan salah satu dari 6 misi mencapai visi NTB Gemilang yang bisa dicapai melalui program Zero Waste.

“Inilah cita-cita kita, NTB yang zero waste. Yang asri dan lestari. Ini harus kita perjuangkan bersama,” katanya.

Wakil Gubernur NTB juga menekankan pentingnya daur ulang sampah menjadi bahan bakar, pupuk, dan/atau produk bernilai ekonomi. Sebelum mengakhiri presentasinya, Wagub NTB berpesan “Seluruh desa dan kelurahan harus ada bank sampah!”.

Di sesi utama webinar, 5 pembicara yang terdiri dari dari kades/lurah, tokoh masyarakat yang aktif dalam pengelolaan sampah membagi pengalaman mereka dalam program-program pengaturan sampah di daerah masing-masing di NTB.

Mereka adalah:

H. Ashari, DPMPD Dukcapil Provinsi NTB, membawakan tema Membangun dan Melawan Kemiskinan dari Desa

H. Lalu Sujian, Kepala Desa Kembang Kuning memaparkan pengelolaan sampah yang melibatkan bank sampah dan BumDes;

Kepala Dusun Lendang Nangka, Lalu Supratman, menceritakan program TPS3R di dusunnya;

Lurah Mataram Timur, Sri Sulistiowati menyuguhkan Pengelolaan Sampah di Perkotaan melaui Rumpil Inges;

Kades Lunyuk Ode, Hermansyah, menjabarkan cara kelola sampah untuk menjadi desa terbersih di dunia.

Di kesempatan yang sama, Kadispar NTB mengutarakan tentang pentingnya acara ini dimana pengelolaan sampah harus dimulai dari level paling bawah.

“(Pengelolaan sampah) adalah bagian dari mendukung sapta pesona wisata kita dengan menghadirkan destinasi-destinasi wisata, desa-desa wisata yang bersih dan sehat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kadispar NTB mengharapkan dengan adanya acara ini akan muncul desa-desa wisata yang bersih dan sehat nantinya.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).