Candi merupakan bangunan tempat ibadah yang umumnya berasal dari zaman kuno kepercayaan Hindu-Buddha. Bangunan candi yang menakjubkan bagi orang yang melihatnya telah dibangun manusia sebagai representasi dari sembah mereka kepada Dewa Dewi.

Candi umumnya banyak ditemukan di negara-negara Asia sebagai awal dari perkembangan peradaban Hindu-Buddha. Banyak candi yang ditemukan di berbagai negara Asia, seperti Indonesia, Kamboja, dan India yang memiliki corak dan karakteristiknya masing-masing.

Seperti dilansir dari laman themysteriousworld, Minggu (27/12/2015), berikut 6 candi spektakuler yang ada di jagad raya.

Jetavanaramaya, Sri Langka

Stupa menawan ini terletak di kota suci Anuradhapura, Sri Langka. Stupa ini memiliki makna yang teramat tinggi bagi masyarakat Sri Langka, karena merupakan representasi dari Buddha Theravada dan mahayana, salah satu kepercayaan kuno dalam Buddhisme. Memiliki tinggi mencapai 400 kaki, stupa ini dibangun sejak abad ke-4 oleh raja Mahasena dengan menggunakan 93 juta batu bata. Dengan luas mencapai 5,6 hektar, candi ini berisi sekitar 10.000 patung biksu Buddha. Kini Candi Jetavanaramaya menjadi salah satu destinasi wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan di Sri Langka.

Sri Ranganathaswamy Temple, India

Candi ini dianggap sebagai salah satu kuil wisnu paling penting di dunia. Terletak di Tamilnadu, India, candi ini dibangun sebagai penghormatan kepada Dewa Wisnu. Candi yang memiliki gaya Dravida ini juga merupakan candi terbesar yang ada di India, yang dilengkapi dengan 21 menara, gapura, dan yang paling menakjubkan, hampir seluruh bagiannya berwarna.

Shwedagon Pagoda, Myanmar

Candi ini merupakan salah satu candi yang paling popluer di Asia. Terletak di Yangon, Myanmar, candi yang diyakini mengandung rambut Buddha ini dibangun sejak 2.600 tahun yang lalu. Yang unik dari bangunan candi ini adalah bagian atapnya yang ditutupi piring emas dan beberapa bagiannya yang dihiasi ribuan berlian. Candi ini menyimpan banyak stupa dan patung-patung yang mencerminkan gaya arsitektur dari era Buddhisme.

Prambanan, Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan candi menakjubkan yang ada di Indonesia ini? Candi ini memiliki tiga struktur bangunan utama, yang masing-masing didedikasikan bagi Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa. Candi Siwa menjadi candi pusat yang berada di tengah. Dibangun pada abad ke-10, ada sekitar 240 candi kecil yang berdiri di sekitar kompleks Prambanan.

Borobudur, Indonesia

Sama menakjubkannya dengan candi Prambanan, Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah, Indonesia, ini merupakan salah satu monumen Buddha terbesar yang pernah ada di dunia. Dibangun sejak abad ke-8 menggunakan jutaan batu vulkanik, candi ini dilengkapi dengan relief yang menggambarkan perintah dan larangan dalam Buddha. Selain itu, beberapa relief yang ditemukan pada Candi Borobudur juga ada yang mengisahkan tentang nenek moyang orang Indonesia yang gemar berlayar. Tiap waktu liburan tiba, Candi Borobudur akan dikunjungi banyak wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Angkor Wat, Kamboja

Memiliki luas sekitar 401 hektar dengan ketinggian mencapai 700 kaki, candi ini menjadi bangunan peninggalan paling popoler di Kamboja. Dibangun sejak abad ke-12 oleh Kaisar Suryavarman II, candi ini didedikasikan untuk Wisnu. Sempat mengalami banyak kerusakan, candi ini mengalami pemugaran pada masa kekuasaan Khmer. Candi ini menjadi salah satu bangunan peninggalan paling menakjubkan di dunia dan banyak dikunjungi banyak orang lantara memiliki dekorasi jutaan patung yang indah.

Sumber: Lifestyle Liputan6.com

BACA JUGA :