MENGUATKAN sisi bahari Indonesia, Kementerian Pariwisata turut serta di perhelatan Seatrade Cruise Global, di Fort Lauderdale, Florida, 14-17 Maret 2016.

“Para pelaku industri yang bergerak di bidang cruise line baik pemerintah maupun swasta bakal terbang ke sana,”ujar Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kemenpar yang mendampingi I Gde Pitana, Deputi Pemasaran Mancanegara, Kamis (17/3/2016).

Pihaknya juga menggandeng Kementerian Koordinator Kemaritiman (Kemenkomaritim), Kementerian Perhubungan, Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS Sabang), Pelindo III.

Sama-sama bergerak di sector bahari, dan menjadikan pariwisata sebagai anak panah, untuk membangun Indonesia sebagai poros maritime dunia.

”Selain itu industri pariwisata yang bergelut di bidang kapal pesiar yaitu Cruise Asia by Destination Asia dan PT. Indonesia GAC juga akan ikut bagian,” kata wanita berhijab itu.

Nia menambahkan, masih dengan mengusung brand Wonderful Indonesia (WI) dan desain yang terinspirasi oleh keanggunan kapal Phinisi, partisipasi di Amerika tersebut diharapkan mampu menarik banyak minat industri yang berkecimpung di bidang pariwisata kapal pesiar.

”Sudah tercatat tidak kurang dari 59 perusahaan kapal pesiar yang turut berpartisipasi untuk datang ke pavilion Indonesia dan bertransaksi dengan industri pariwisata kapal pesiar yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dengan begitu, imbuh Nia, semakin banyak kapal pesiar yang bersandar di port-port yang ada di Indonesia seperti di Benoa Bali, Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Mas Semarang.

”Dan di Pelabuhan lainnya, karena tentu saja hal itu dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia,” tukasnya. (jjs)

Sumber: Okezone Lifestyle

BACA JUGA :