Apabila pesisir Pulau Lombok terkenal akan kemegahan pantai pasir putih beserta ekosistem lautnya yang kaya, maka wilayah Lombok Tengah punya hamparan pegunungan yang asri. Berkat pesona hijau alam yang dimiliki Kabupaten Lombok Tengah, ada banyak sekali desa wisata yang dapat ditemui di wilayah ini.

Di belakang Desa Wisata Sade yang sudah tersohor ke penjuru dunia, ada pula Desa Wisata lainnya yang juga dapat dikunjungi shobat wisata, salah satunya Desa Wisata Bonjeruk. Desa-desa Wisata di Pulau Seribu Masjid memang sangat digandrungi para wisatawan berkat keunikannya, tak terkecuali Desa Wisata Bonjeruk.

Desa yang masih memegang teguh adat kebiasaan Suku Sasak ini juga dikenal sebagai desa bersejarah. Pada masa Kolonial, Bonjeruk pernah menjadi Pusat Pemerintahan Kedistrikan Hindia Belanda.

Tak cukup hanya catatan sejarahnya saja yang panjang, Bonjeruk juga terkenal akan bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur Eropa yang kontras dengan wilayah pedesaan tradisional.

Salah satu bangunan tersebut yaitu gapura berwarna krem. Terdapat tulisan ‘Bondjeroek den 10 mei’ dengan angka tahun 1933. Bangunan ini didirikan pada 1933, sebagai gerbang masuk menuju komplek perumahan dengan desain art deco peninggalan Belanda. Tidak mengherankan jika terdapat beberapa bangunan bergaya Eropa di desa tersebut.

Keunikan Desa Wisata Bonjeruk tak berhenti sampai di situ. Memanfaatkan potensi alamnya yang subur, Bonjeruk menawarkan pengalaman agrowisata yang beragam.

Mulai dari kegiatan pertanian, perkebunan buah, persawahan, dan perdagangan hasil bumi bisa disaksikan di Bonjeruk. Wisatawan juga bisa mencoba sendiri buah-buahan segar yang diambil langsung dari kebuh desa.

Selain itu, bersepeda di antara hamparan perkebunan dan sawah yang bertumpuk-tumpuk menjadi daya tarik utama di Bonjeruk. Pemerintah desa setempat bahkan sudah membangun sebuah jalur sepeda di beberapa areal perkebunan. Tak ayal, lokasi ini pun langsung menjadi incaran wisatawan yang gemar bersepeda sembari menghirup udara sejuk pedasaan.

Pemerintah Daerah Lombok Tengah bersama-sama para pelaku pariwisata NTB semakin gencar menggali keunikan Desa Wisata Bonjeruk.

Diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, desa tertua di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah ini dapat tampil menjadi tujuan wisata desa yang utama. Tak hanya menjadi penyumbang pariwisata desa khas Lombok, melainkan juga mengedepankan potensi alam yang bersanding dengan budaya dan sejarah Lombok.

BACA JUGA :


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).