Momen lebaran yang paling dikangenin selain kumpul keluarga adalah suasana rame sambil makan-makannya. Karena makanan saat lebaran kadang susah banget gak sih ditemuin kalau dihari-hari biasa.
Nah berikut ada beberapa makanan khas lebaran dari pulau Lombok dan Sumbawa nih #sob.
1. Poteng Jaje Tujak

Poteng Jaje Tujak dan Iwel menjadi makanan yang paling banyak disajikan ketika lebaran di Lombok.
Dalam Bahasa Indonesia, Poteng Jaje Tujak berarti Tape Jajan Tumbuk. Kue tetel satu ini dimakan bersama tape ketan. Masyarakat Suku Sasak memercayai seseorang yang membuat Poteng Jaje Tujak harus dalam keadan suci atau tidak sedang haid bagi perempuan.

 

 

 

2. Cerorot

Jajanan khas Lombok satu ini punya tekstur yang lembut, sehingga butuh kehati-hatian untuk memakannnya agar tidak patah dan jatuh. Cerorot dibalut dengan daun kelapa yang dibentuk mirip terompet berukuran kecil. Cerorot dimakan dengan memencet bagian bawahnya agar isi kue terdorong ke luar dari bungkusnya.

 

 

 
3. Manjareal

Manjareal merupakan kue tradisional asli Sumbawa dengan cita rasa manis dan gurih. Bahannya adalah kacang tanah halus dimasak dengan gula hingga kalis. Kemudian campur bersama tepung kemudian campur bersama tepung beras atau sagu. Adonan ini selanjutnya tercetak menggunakan daun lontar dengan bentuk mirip simbol keriting (clubs) pada kartu remi. Lalu dikeringkan!
Cara memakannya nanti cukup dengan menusuknya menggunakan jari agar keluar dari cetakan. Teksturnya yang padat beremah sekaligus leleh dalam mulut.
4. Timbu dab Dahi

Timbu dalam bahasa Indonesia berarti Nasi Lemang. Sementara Dahi, adalah Tape. Kedua makanan legendaris di kalangan masyarakat Dompu karena rasanya yang khas. Selain itu proses pembuatannya yang memakana waktu hingga 6 jam. Keduanya terbuat dari beras.
Rasa lemang ini mirip lemang Minang atau nasi jaha Manado. Gurih lengket dan pulen. Makin enak disuap dengan tape ketan yang manis berair.

 

 
5. Temerodok

Kue kering dengan rasa manis dan gurih ini berasal dari Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur. Karena sifatnya yang mudah lembek, kue Temerodok biasa disimpan di tempat-tempat yang terhindar dari hawa lembab atau ditutup dengan kantong plastik atau stoples yang ditutup rapat.
6. Kue Kerake
Jajanan Kerake memiliki citarasa manis dan legit. Kerake merupakan jajanan, yang berasal dari Desa Kelayu Kecamatan Selong. Sebagai bingkisan, Kerake sudah dikemas ke wadah besek yang terbuat dari anyaman bambu. Jajanan ini terbuat dari ketan, santan dan gula merah. Cara memasaknya, semua bahan diaduk hingga menjadi Kerake (seperti Jenang di Jawa). Namun, Kerake memiliki tekstur lebih kering dan lebih padat.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).