Bulan April menjadi bulan yang ditunggu tunggu oleh masyarakan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Pasalnya pada bulan ini sebuah perhelatan bertajuk “Festival Pesona Tambora” atau yang dikenal “Festival Tambora” digelar secara rutin setiap tahun nya. Festival ini diadakan untuk memperingati meletusnya Gunung Tambora pada tahun 1815 silam sekaligus merayakan HUT kabupatenFestival  Dompu yang jatuh pada tanggal 11 April.

Sejak pertama kali di selenggarakan di tahun 2015, festival yang semula bernama “Tambora Menyapa Dunia” ini memang sudah memiliki daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi masyarakat sekitar tapi juga wisatawan. Selain memberikan edukasi mengenai sejarah erupsi dahsyat nya yang terjadi di Gunung Tambora, acara ini juga memamerkarn pentas seni dan budaya.

Pada tahun 2021 untuk pertama kalinya Festival Pesona Tambora dilaksanakan secara Hybrid dikarenakan pandemi covid-19 yang mewajibkan untuk mejaga jarak dan keterbatasan disetiap kegiatan untuk mengikuti protokol kesehatan covid-19 yang berlaku. Festival Pesona Tambora memiliki 3 (tiga) rangkaian kegiata diantaranya ada Dialog Kreatif 206 Tahun Tambora, Pameran Ekraf, Fashion Rimpu Tambora dan dilanjutkan dengan malam tasyakuran sekaligus menyambut datang nya bulan suci Ramadhan 1442 H.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).