Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparerkaf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno membuka kegiatan “Bimtek & Workshop Online Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021”.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur dan Walikota/Bupati seluruh Indonesia, serta Kepala Desa dan pengelola-pengelola Desa Wisata yang ikut berpartisipasi dalam Anugerah Desa Wisata 2021.

Dalam kegiatan tersebut, Menparekraf menjelaskan bahwa Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 merupakan ajang untuk menjadikan desa wisata di Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Sekaligus membangun motivasi bagi pengelola desa untuk mengembangkan dan menjadikan desa sebagai penggerak ekonomi dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata” Jelasnya.

Menparekraf berharap agar kegiatan ini dapat mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kratif di desa wisata mampu lebih berkembang, meningkatkan kapasitas masyarakat dan pengelola desa wisata serta mengembangkan kreativitas dalam menciptkakan konten-konten kreatif.

“Sehingga dapat meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan. Menciptakan lapangan kerja dan mampu memberikan kesejahteraan masyarakat” jelasnya.

Diketahui hingga saat ini jumlah desa wisata yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini telah mencapai 1581 Desa Wisata dan kemungkinan akan terus bertambah hingga ditutupnya pendaftaran pada 16 Juli 2021.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).