Senin, 19 April 2021 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Direktorat Kelembagaan-Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan Penguatan Kelembagaan Ekonomi Kreatif Dalam Pengembangan dan Peningkatan Brand serta Daya Saing Produk Ekonomi Kreatif berlangsung selama 5 hari hingga.

tujuan kegiatan ini adalah menguatkan kelembagaan subsektor ekraf NTB, mengenali dan mendorong serta meningkatkan potensi ekraf, workshop(branding strategi, produk kreatif, strategi optimalisasi media, digital marketing) presentasi kelompok, seminar yang diikuti oleh 50 orang pelaku umkm.

Kepala Dinas Pariwisata dalam sambutannya menyampaikan Sektor pariwisata yang memimiliki daya tarik tersendiri semakin mempunyai nilai lebih dengan industri kreatif seperti kerajinan, kuliner, cinderamata, seni pertunjukan, musik dan film, dll. Ekonomi kreatif mampu memberi nilai tambah pada daya tarik dan daya saing pariwisata, sehingga dapat dikatakan industri kreatif dan sektor pariwisata mempunyai hubungan saling menguntungkan.

Pemerintah Provinsi NTB saat ini harus terus melakukan integrasi lintas sektor dan program dalam pengembangan pariwisata di NTB sejalan dengan tujuan pariwisata berkelanjutan, sebagai salah satu upaya yang dilakukan pemerintah provinsi NTB terus melakukan optimalisasi terhadap distribusi market Produk hasil UMKM untuk Pemenuhan Kebutuhan Hotel dan Restoran di NTB.

Ada 3 aspek utama yang harus diperhatikan agar proses pendistribusian market hasil UMKM ini terus berjalan yaitu kontiniuitas Produk, Kapasitas Kroduk, dan Kompetitif dari segi harga, 3 aspek tersebut harus bisa dipastikan untuk tetap bisa terjaga.

Pemanfaatan teknologi dalam pengembangan akses pasar harus terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, digital marketing itu penting untuk bisa mengakses pasar dari mana saja.

Dalam waktu dekat Kreatif Hub akan hadir dalam waktu dekat ini di kawasan KEK Mandalika yang akan menghadirkan berbagai potensi ekonomi Kreatif Lombok Sumbawa.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).