Seperti pada tahun sebelumnya, Provinsi Nusa Tenggara Barat dipercaya ikut ambil bagian dalam penampilan pagelaran kesenian yang akan dihelat dalam rangka HUT RI ke-76 bertempat di Istana Negara. Acara tahunan yang masuk dalam rangkaian acara kenegaraan pengibaran maupun penurunan bendera ini menampilkan kesenian-kesenian dari beberapa provinsi di Indonesia.

Berangkat dari hal itulah, pada Kamis (15/07) Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata NTB, Endah Setyorini menghadiri pembahasan terkait kesiapan materi tarian NTB demi menyongsong penampilan tari virtual di istana negara.

Di tahun sebelumnya, NTB juga berkesempatan menampilkan kesenian tari dari Kabupaten Sumbawa Barat yaitu Tari Benteng Barinas dan Tari Kolong. Kini perpaduan Tari Gendang Beleq dan Peresean akan menjadi “wajah” seni tari NTB di HUT RI yang akan digelar di Agustus nanti. Penunjukan NTB tidak luput dari penilaian kelayakan oleh kurator tari, Dr. Dr. Eko Supriyanto, M. F. A. yang menilai tarian khas dari Lombok ini layak untuk ditampilkan di acara tersebut.

Mengingat dengan adanya pandemi Covid-19, penampilan ini nantinya akan ditampilkan secara daring dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi pemerintah dan swasta seperti pada tahun sebelumnya. Sebagai informasi, selain NTB, ada Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, dan Maluku Utara yang juga akan menampilkan kesenian khas daerahnya masing-masing.

Ditemui di akhir acara, Ibu Endah menilai bahwa NTB menjadi provinsi yang sangat siap dalam hal materi tampilan kendati ada beberapa masukan terkait materi yang disampaikan pada temu daring tadi.

“NTB sebenarnya paling siap karena kita sudah shooting. Karena waktu itu, tim kurator Kementerian sudah turun ke sini, sudah melihat materi itu, sudah dirapikan dan langsung di-shooting,” ungkap Kabid Ekonomi Kreatif Dispar NTB ini.

Selain itu, ada yang unik dari persembahan tari oleh Provinsi NTB nanti. Jamaknya, tari Peresan lebih identik dengan penari pria, namun NTB menyuguhkan tari Peresean dengan penari wanita. Menarik bukan?


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).