Mandalika, Gili serta sejumlah desa wisata di NTB diungkapkan Sandiaga Uno menyimpan beragam potensi wisata berbasis kearifan lokal.

Destinasi wisata tersebut diharapkannya dapat menjadi pilihan bagi para wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Sehingga, mereka yang hendak berlibur ke Indonesia tak hanya menjadikan Bali sebagai tujuan utama, tetapi bisa menyambangi NTB yang menurutnya tak kalah indah dengan Pulau Dewata.

“Setiap daerah itu punya kekhususan dan keunikan tersendiri. Jadi walaupun Bali menjadi top of mind (wisatawan mancanegara) pasca pandemi, kita punya yang lain,” papar Sandiaga Uno.

“Branding yang harus kita hadirkan di masing-masing destinasi itu adalah branding yang akan membawa destinasi ini menjadi unggulan juga. Sehingga orang datang ke Indonesia ini punya opsi, bukan hanya datang ke Bali, tapi juga ke beberapa destinasi lainnya,” tambahnya.

Pemerintah lanjutnya, telah menetapkan lima destinasi super prioritas, antara lain Danau Toba, Borobudur, Likupang, Labuan Bajo dan Mandalika.

Tak hanya itu, masing-masing wilayah tersebut katanya juga memiliki sejumlah kawasan berkualitas dan berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan.

“Dan ini yang harus kita kembangkan bersama,” imbuh Sandiaga Uno.

“Saya yakin dengan kita bergandengan tangan, mudah-mudahan dengan dukungan Pokdarwis juga, saya yakin kita mampu untuk menyiapkan destinasi ini dan Lombok siap menjadi pemicu kebangkitan pariwisata dan kepulihan ekonomi kreatif,” tutupnya.

Penulis: Yulis
Editor: Choirul Arifin


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).