Kamis (22/07), Sekdispar NTB, Lalu Hasbulwadi menghadiri temu daring dalam rapat koordinasi persiapan SeaBRnet Meeting ke-13 untuk membahas rundown serta persiapan lain yang berkenaan dengan acara. Rapat ini dihadiri diantaranya oleh The Indonesian Man and the Biosphere (MAB) UNESCO National Committee, perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta dinas-dinas terkait di NTB.

Temu ini dilaksanakan menyusul penunjukan Lombok sebagai tuan rumah acara tingkat Asean dan Asia Pasifik ini. Southeast Asia Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-13 yang sedianya diadakan pada November 2020 silam ini di-reschedule dan diproyeksikan dihelat pada 15-17 November mendatang.

Dalam pemaparannya, Prof. Purwanto selaku Direktur Eksekutif MAB sekaligus perwakilan UNESCO mengungkapkan bahwa kegiatan ini menyasar 200 partisipan baik lokal maupun Asia Pasifik. Masih berdasarkan presentasi Prof. Purwanto, adapun tujuan dari SeaBRNet adalah meningkatkan partisipasi dan jejaring aktif; menumbuhkan kolaborasi dalam riset, implementasi dan pengawasan; komunikasi dan diseminasi aktivitas-aktivitas lainnya; dan mengidentifikasi potensi relawan percontohan Biosphere Reserve di Asia Tenggara.

Sebagai informasi, Kemenparekraf yang diwakili oleh Budi Supriyanto mengungkapkan telah menggandeng Grup Kompas cetak maupun daring sebagai media partner baik pre-event, during event, maupun post-event guna menggaungkan acara ini.

Menyambut kegiatan ini, Sekdispar NTB menyatakan kesiapan dari Dinas Pariwisata NTB untuk bersinergi, bekerjasama maupun berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait demi mendukung suksesnya SeaBRNet Meeting ke-13.

“Kita sudah menyiapkan zona hijau wisata kita dalam rangka mendukung event-event berskala nasional maupun internasional,” ujar Sekdispar. “Semoga saat acara ini berlangsung nantinya, (zona hijau wisata) sudah siap.”

Selain itu Sekdispar juga menambahkan tentang kesiapan Dinas Pariwisata NTB untuk mengkoordinasikan dengan media lokal yang ada serta menggerakkan tim kreatif Dinas Pariwisata NTB dalam publikasi acara nantinya.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).