Didampingi oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata, Muhammad Wildan, pada Kamis (15/07) Kadispar NTB, H. Yusron Hadi memimpin rapat koordinasi dalam rangka penyelenggaraan beberapa program promosi Pariwisata & Ekonomi Kreatif di Provinsi NTB demi menyambut HUT RI ke-76 serta event-event kepariwisataan di NTB. Rapat koordinasi daring ini mengundang pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di NTB termasuk di dalamnya Angkasa Pura BIZAM, asosiasi hotel, travel, mall, dan juga maskapai penerbangan.

Adapun agenda pembahasan berpusat pada rancangan pembuatan paket insentif bagi masyarakat yang berkunjung dan berwisata ke NTB melalui pemberian diskon (great sale, big sale, dan lain-lain). Diharapkan dengan adanya insentif ini bisa menarik orang untuk datang berkunjung ke NTB.

“Roda perekonomian di daerah kita atau manfaat ekonomi yang diterima oleh seluruh pelaku wisata maupun ekonomi kreatif bisa lebih baik lagi,” harap Kadispar NTB dalam pembukaannya.

Lebih lanjut, Kadispar NTB mengungkapkan jika peluncuran program direncanakan dalam menyambut HUT RI serta ajang-ajang terdekat dimulai dari Agustus dengan melihat kondisi yang ada. “Memang (dengan adanya) momentum semester 2 ini sampai akhir tahun, banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendongkrak kemeriahan berkaitan dengan kepariwisataan kita. Salah satunya dengan cara great sale ini,” imbuhnya.

Sebelum menutup rapat, Kadispar NTB memberikan penjelasan terkait skema dari program ini. Mulai dari pembentukan tim untuk mengadministrasikan program paket yang kemudian untuk disampaikan ke semua tenant-tenant yang ada untuk ikut bertisipasi dengan pola paket yang terintegrasi, baik dari perjalanan, penginapan, makan, serta souvenir dan oleh-oleh. Selanjutnya, para tenant menyampaikan kesiapan besaran diskon untuk kemudian tim merumuskan range diskon. Hasil rumusan tim akan dikomunikasikan kembali untuk menemukan formulasi yang tepat. Terakhir publikasi melalui media yang ada.

Sebagai tambahan, Kadispar NTB berharap jika kondisi lebih baik, bisa diadakan launching untuk pembukaan great sale. “Supaya gemanya ada, masyarakat tahu dan bisa terpublikasi lebih luas,” tandasnya.


admin

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Membangun pariwisata yang berwawasan lingkungan untuk mencapai Pembangunan Kepariwisataan yang Beberlanjutan (Sustainable Tourism).